Inilah Pemenang Sayembara Foto BKPM 2019

Facebooktwittergoogle_plusinstagramby feather

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun ini kembali mengadakan sayembara foto investasi. Sayembara bertema “Peningkatan Investasi melalui Sektor Industri Teknologi, Media, dan Telekomunikasi (TMT),” dibuka pada 15 Februari 2019 dan ditutup pada 30 April 2019. Namun karena minat peserta cukup banyak, maka panitia memutuskan untuk memperpanjang sampai 7 Mei 2019.

Suasana penjurian sayembara foto BKPM yg dilakukan di Jakarta, 13 Mei 2019.

Tema ini diangkat karena mempertimbangkan Indonesia yang ditargetkan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Perkembangan teknologi informasi saat ini telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana tumbuhnya industri ini berdampak pada berbagai industri penunjang, seperti industri manufaktur telekomunikasi yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. Akan tetapi, berbagai kendala masih dihadapi Indonesia dalam mengembangkan industri digital ini, antara lain kualitas akses data internet yang kurang baik, jangkauan sinyal seluler yang belum merata dan kecepatan akses internet Indonesia masih di bawah rata-rata dunia, walaupun pertumbuhan kecepatan internet saat ini cukup pesat di Indonesia.

Baca Juga: Inilah Foto Pemenang Lomba Foto Investasi 2017

Baca Juga: Inilah Foto Pemenang Lomba Foto Bina Marga Kategori Profesional

Industri telekomunikasi merupakan salah satu faktor strategis andalan perekonomian Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan infrastruktur komunikasi telah mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi tanah air yang berkontribusi pada perekonomian nasional.

Ada ribuan foto yang masuk. Para juri tengah mengamati, memilah, dan menilai tiap foto yang masuk.

Industri media di Indonesia saat ini telah berkembang dengan pesat dan menjadi suatu bisnis yang berorientasi pada keuntungan, serta memenuhi kebutuhan publik atas hak memperoleh informasi tanpa pengecualian. Selain media offline, masyarakat juga sering memanfaatkan media online untuk mengakses informasi. Berkembangnya industri media tersebut berdampak pada tumbuhnya industri media di daerah-daerah, akan tetapi terkendala dengan infrastruktur media.

Kementerian Perindustrian menyampaikan bahwa implementasi industri 4.0 dinilai akan mendorong peningkatan investasi, terutama yang terkait dengan penggunaan teknologi pendukung seperti Internet of Things (IoT). Langkah ini diyakini diyakini dapat memacu produktivitas dan kualitas sektor manufaktur nasional. Penerapan industri 4.0 merupakan upaya untuk melakukan otomatisasi dan digitalisasi pada proses produksi, dengan ditandai meningkatnya konektivitas, interaksi, serta batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Video suasana penjurian sayembara foto BKPM 2019

Perkembangan sektor industri teknologi, media, dan telekomunikasi (TMT) ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat umum, salah satunya melalui karya-karya fotografi yang dapat memvisualisasikan kondisi industri TMT di Indonesia saat ini.  

Walau waktu sayembara diperpanjang, jadwal penjurian tetap berjalan sesuai rencana. Senin, 13 Mei 2019, tim juri yang terdiri dari 5 orang menilai ribuan foto dari lebih dari 400 peserta sayembara. Setelah mempertimbangkan dari sisi teknis fotografi dan keterkaitan dengan tema, maka ditetapkan 3 pemenang untuk masing-masing kategori, yakni Kategori Drone dan Ketegori Non Drone.

Inilah dewan juri untuk sayembara foto BKPM 2019

Inilah pemenang Sayembara Foto Investasi 2019. Selamat kepada para pemenang! Bagi yang belum beruntung, tetap semangat dan berkarya. Semua dilakukan demi Indonesia yang lebih baik, khususnya di bidang Industri Teknologi, Media, dan Telekomunikasi (TMT).

Facebooktwittergoogle_plusby feather
wawan
Pribadi sederhana yang ingin terus belajar di bidang komunikasi. Dimulai dari menulis, fotografi, media relations, kadang-kadang menggambar, sampai mengadakan acara komunikasi seperti berbagai lomba dan pelatihan jurnalistik/ fotografi.
http://www.fransalchemist.com

Leave a Reply