Setelah Ryzen 7 Kini AMD Rilis AMD Ryzen 5 untuk Saingi Intel

Facebooktwittergoogle_plusinstagramby feather

Setelah merilis AMD Ryzen 7 pada Februari 2017 lalu, kini AMD mendaratkan AMD Ryen 5 ke Indonesia. Inilah prosesor yang diklaim memberikan pengalaman tak terkira bagi para gamer dan pembuat konten.

Bahkan AMD mengklaim produknya ini mengalahkan Intel Core i5. “Kami mengumumkan spesifikasi produk untuk dua prosesor Ryzen 5, dan menampilkan seri flagship Ryzen 5 1600x mengalahkan seri flagship Intel Core i5 7600K dengan lebih dari 60% dalam pengujian multi-threaded CPU,” kata Jim Anderson, Senior Vice President and General Manager, Computing and Graphics Group AMD di Jakarta, Senin, 17 April 2017.

Prosesor AMD Ryzen 5 yang memiliki empat model prosesor desktop ini menghadirkan pengalaman mendalam dan inovasi kinerja tinggi untuk para gamer dan pembuat konten. Model AMD Ryzen 5 1600X dan 1600 dirancang untuk game dan broadcasting yang lancar secara bersamaan dan memberikan kinerja kelas workstation di segmen pasar baru. kedua prosesor ini memiliki 6 core dengan kinerja tinggi namun hemat energi dan ramah di kantong.

Berikutnya ada AMD Ryzen 5 1500X dan 1400 yang dirancang untuk gaming dan pemrosesan kinerja tinggi yang menampilkan prosesor 4 core dengan 8 thread untuk gaming dan pemrosesan berperforma tinggi. Model ini dilengkapi AMD SenseMI Technology untuk menganalisa dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Launching & Press Conf AMD Ryzen 7 & Ryzen 5 - Balai Kartini - 17 April 2017
Kiri-kanan: Don Woligroski (Product Marketing Manager for Desktop CPUs for AMD), Ryan Sim (Channel Sales Director, ASEAN for AMD), Michael Liao (Channel Sales Director, APJ for AMD), dan Antal Tungler (Senior Manager of Global Technology Marketing and Communications for AMD), berpose bersama di penghujung acara konferensi pers dan peluncuran prosesor AMD Ryzen, yang terbagi menjadi 2 kategori, Ryzen 7 dan Ryzen 5, di Balai Kartini, Jakarta, Senin, 17 April 2017.

Untuk memberikan pengalaman gaming terbaik, 1500X memiliki rentang frekuensi yang ditingkatkan lebih tinggi lagi (XFR) hingga 200 MHz bila digunakan dengan pendinginan yang superior, diantara rentang frekuensi yang paling tinggi yang dapat dilihat pada prosesor AMD Ryzen sampai saat ini.

Untuk pemirsa gamer  yang berkembang saat ini, prosesor AMD Ryzen 5 1600X dengan 6 core dan 12 thread menawarkan solusi yang mudah diakses untuk streaming game berkualitas tinggi 1080p/60 FPS/3500 Kbps.

Singkat cerita, papar Anderson, prosesor Ryzen menggabungkan kecerdasan, teknologi performance-boosting yang memberikan solusi bagi para gamer PC, prosumers, dan penggemar dengan responsif yang luar biasa, kinerja yang sangat tinggi, dan pengalaman yang lebih mendalam, semua dalam paket yang sangat efisien.

Namun demikian, Desktop Processor Marketing Manajer AMD Don Woligroski menambahkan, produk baru AMD ini tetap terjangkau untuk banyak kalangan. “Dengan harga yang kompetitif dan kinerja  terbaik bagi pencinta game dan kreator, Ryzen dapat menjadi sesuatu yang disruptif.”

Produk AMD Ryzen 5 sudah tersedia dan bisa didapatkan melalui kedua distributor resmi AMD Indonesia, yakni E Media Devices dan PT Nusantara Eradata, dengan harga mulai dari Rp2,35 juta hingga Rp3,49 juta.

Sekadar mengingatkan, sebelumnya AMD telah merilis tiga model prosesor desktop: Ryzen 7 1800X, 1700X, dan 1700.  Ryzen 7 1800X yang merupakan model unggulan akan memiliki clockspeed 3,6 GHz, yang bisa digenjot sampai 4,0 GHz (turbo). Sementara itu, Ryzen 7 1700X akan memiliki clockspeed 3,4 GHz (dasar)/3,8 GHz (turbo), sedangkan Ryzen 7 1700 bisa dipacu dengan kecepatan 3,0 GHz/3,7 GHz.  Masing-masing akan memiliki delapan inti, dengan 16 thread.

AMD mengklaim bahwa Ryzen 7 1800X mengungguli pesaingnya, Intel Core i7-6900K untuk tolok ukur Cinebench R15 dan Handbrake, dan sebanding dengan prosesor Intel tersebut pada kinerja permainan video 4K.

Facebooktwittergoogle_plusby feather
wawan
Pribadi sederhana yang ingin terus belajar di bidang komunikasi. Dimulai dari menulis, fotografi, media relations, kadang-kadang menggambar, sampai mengadakan acara komunikasi seperti berbagai lomba dan pelatihan jurnalistik/ fotografi.

Leave a Reply