Google Ancam Hapus Jutaan Aplikasi Jika Tidak Penuhi Aturan Ini

Facebooktwittergoogle_plusinstagramby feather

Google akan memperketat keamanan data pribadi para pengguna aplikasi yang dijual di Google Play Store dengan mengancam akan menghapus jutaan aplikasi yang tidak aman bagi para penggunanya.

Google memberikan batas waktu hingga 15 Maret 2017 kepada para pengembang aplikasi di seluruh dunia untuk membuat aplikasi-aplikasi yang menjamin keamanan data pribadi para pengguna.

Kepada para pengembang aplikasi, Google mengatakan jika aplikasi-aplikasi Anda menggunakan data pribadi dari pengguna seperti data diri, informasi keuangan dan rekening pembayaran, kata sandi, nomor telephone dan alamat, akses mikrofon dan kamera serta data pribadi pada perangkat smartphone mereka, maka aplikasi anda harus memenuhi syarat berikut:

  1. Menampilkan sistem akses data para pengguna baik dalam data base form Kesepakatan Developer Google Play maupun di dalam aplikasi itu sendiri.
  2. Menjamin keamanan data pribadi para pengguna dengan mengaksesnya melalui sandi atau password modern yang menggunakan sistem verifikasi atau autentifikasi HTTPS.

“Aplikasi-aplikasi yang tidak memenuhi syarat diatas akan dihapus dari Google Play Store,” kata Google dengan tegas.

Tindakan Google untuk melindungi data pribadi para pengguna diapresiasi oleh Engin Kirda, professor ilmu computer Northeastern University. “Tindakan google adalah langkah yang tepat, karena tanpa aturan akses data pribadi, aplikasi-aplikasi yang dijual di Google Play dapat menghimpun data pribadi tanpa disadari oleh pengguna itu sendiri.”

Dengan memperketat aturan akses data pengguna kepada para developer, sambung Kirda, Google telah mengambil langkah positif untuk melindungi para pengguna dari kejahatan-kejahatan cyber.

Facebooktwittergoogle_plusby feather

Leave a Reply