BCA Life Gandeng Ebiz dan Microsoft Menuju Digitalisasi Jasa Keuangan

Facebooktwittergoogle_plusinstagramby feather

Menyambut era digital di bidang jasa keuangan, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) menggandeng Microsoft dan Ebiz E-Procurement Solution untuk menunjang operasional perusahaan. Langkah ini sejalan dengan tekad pemerintah Indonesia untuk mengembangkan keuangan inklusif atau financial inclusion.

Financial inclusion penting dilakukan untuk memperluas jangkauan layanan jasa keuangan dengan sistem branchless banking yang mengarah pada pembayaran bergerak, sehingga masyarakat semakin dipermudah dalam mengakses jasa keuangan. Untuk mendukung hal tersebut, BCA Life yang merupakan anak usaha PT Bank Central Asia, Tbk. tidak hanya membangun infrastruktur teknologi informasi, tetapi juga menciptakan budaya digitalisasi di lingkungan internal. “Dari awal, para karyawan sudah diajak menerapkan pola pemikiran digital,” kata Chief Operation Officer BCA Life Yannes Chandra dalam acara Ebiz Solution Day di Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Ke depan, menurut Yannes, seluruh proses di BCA Life yang akan dilakukan secara digital. Langkah konkretnya, perusahaan yang berdiri tahun 2014 ini mengimplementasikan solusi Budget Tracking dan e-Procurement yang dikembangkan oleh PT. Ebiz Cipta Solusi. “Kami menyadari proses administrasi perusahaan yang melibatkan proses secara manual kerap membutuhkan waktu yang lama. Karenanya kami melakukan transformasi digital, tidak hanya secara eksternal, tapi juga terhadap seluruh operasional perusahaan.”

Konkretnya, Yannes melanjutkan, penjualan premi tidak lagi menggunakan kertas tetapi menggunakan sistem teknologi BCA Life Electronic Sales System (Bless), yang terhubung pada tablet Ipad. “Inovasi ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi waktu maupun mengurangi tingkat human error yang mungkin terjadi.”

Layanan digitalisasi tidak hanya bersifat eksternal. BCA Life secara internal menggunakan Microsoft Sharepoint 2016. Program ini tidak hanya menjadi platform bagi aplikasi Budget Tracking dan E-Procurement yang dikembangkan Ebiz, tetapi juga merupakan server yang dapat digunakan untuk menyimpan, menata, mengakses, dan membagikan informasi internal perusahaan secara aman. “Server ini dapat diakses dari semua perangkat, sehingga memudahkan stakeholders perusahaan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja,” ujar Mulia Dewi Karnadi, Small & Midmarket Solutions & Partners Director, Microsoft Indonesia pada kesempatan yang sama.

Menurut Dewi, Microsoft Sharepoint memiliki berbagai fitur, seperti Skype for Business, Yammer, Windows Asure dengan private cloud BCA Life, serta human resource information system (HRIS). Dengan Yammer, tiap divisi bisa melakukan komunikasi kelompok atau diskusi bersama. Dengan begitu, komunikasi pun dapat lebih cepat terjalin di mana pun mereka berada.

Ada juga fitur Skype for Business. Aplikasi ini memungkinkan para karyawan bertatap muka dari jarak jauh. Fitur ini sangat efisien untuk mendukung komunikasi dengan vendor-vendor dari negara lain.

Di bagian sumber daya manusia diterapkan pula HRIS. Para karyawan tak perlu lagi direpotkan dengan proses cuti atau pengajuan masa studi yang panjang dan berliku. Semua proses dapat dilakukan secara digital.

Inovasi lain yang diyakini dapat meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas karyawan adalah penerapan sistem procurement to payment (P2P). Sistem ini merupakan hasil kerja sama dengan PT. Ebiz Cipta Solusi. “P2P mendorong proses penetapan dan penggunaan anggaran secara lebih transparan. Di dalamnya terdapat perencanaan keuangan, pengajuan pengadaan barang, persetujuan, hingga pengeluaran anggaran. Begitu barang sampai, akan langsung masuk dalam stock management. Begitu juga dengan vendor management. Semuanya terintegrasi dari hulu sampai hilir,” Yannes menguraikan.

P2P sendiri, menurut Direktur PT. Ebiz Cipta Solusi, Dedy Effendi Lingga telah diinisiasi sejak April 2016. Fase pertama dimulai sejak bulan Juni dengan penerapan P2P pada proses manajemen aset dan budgeting. “Sistem ini telah diaplikasikan di dua instansi berbeda dan telah terbukti efektif.”

Facebooktwittergoogle_plusby feather
wawan
Pribadi sederhana yang ingin terus belajar di bidang komunikasi. Dimulai dari menulis, fotografi, media relations, kadang-kadang menggambar, sampai mengadakan acara komunikasi seperti berbagai lomba dan pelatihan jurnalistik/ fotografi.
http://www.fransalchemist.com

Leave a Reply