AMD Radeon RX 480 Hadir Saat Indonesia Jadi Pasar Game Terbesar ASEAN

Facebooktwitteryoutubeinstagramby feather

AMD (Advanced Micro Devices) sebagai produsen kartu grafis spesialis game cermat dalam melihat potensi pasar di dunia secara umum dan Indonesia secara khusus. Industri game mulai menggeliat. Pertumbuhan signifikan terjadi di pasar Asia. Memang bagi mereka yang bergulat di bidang demografi ekonomi dan teknologi informasi, hal ini tidak terlalu mengejutkan. Selain karena jumlah penduduk di Asia memang besar, tetapi juga penduduk Asia terbilang “rakus” terhadap perkembangan TI.

AMD yang baru saja meluncurkan produk terbarunya kartu grafis AMD Radeon RX 480 merasa optimis dengan pasar Indonesia. “Pasar di Indonesia khususnya untuk GPU di Indonesia akan terus tumbuh, khususnya untuk kalangan menengah ke atas. Tentu hal ini dipengaruhi oleh pasar game yang baik,” kata Ryan Sim, Channel Sales Director ASEAN & India AMD di Jakarta saat peluncuran AMD RX 480, 19 Juli 2016.

Apa yang dikatakan Sim sejalan dengan data yang dirilis oleh Newzoo, perusahaan analisis pasar game dunia. Data tersebut menunjukkan Tiongkok akan menjadi pasar game terbesar di dunia tahun 2016, menggeser posisi Amerika Serikat. Perkiraan pasar Tiongkok mencapai US$24,4 miliar, sekitar Rp327 triliun. Yang menarik, tiga dari lima negara dengan nilai pasar game terbesar di dunia berasal dari Asia, yaitu Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Indonesia sendiri menempati urutan ke-17 dengan nilai pasar diperkirakan mencapai US$704,4 juta, sekitar Rp9,5 triliun. Artinya, Indonesia menjadi pasar terbesar untuk kawasan ASEAN dan terbesar keempat setelah Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.

Newzoo Report

AMD mengklaim tidak buta dengan pasar yang begitu besar. Kualitas produk tetap menjadi prioritas untuk menjaga loyalitas konsumen. Oleh karena itu, AMD Radeon RX 480 tersebut memiliki teknologi mumpuni karena dilengkapi virtual reality (VR) dan future-proof technologies yang mampu menjalankan game pada resolusi 1440p. “Gamer pantas mendapat teknologi canggih seperti ini. Kami akan tertantang untuk membuat kartu grafis yang semakin baik. Melalui seri RX ini, kami telah bekerja sama dengan banyak pengembang game untuk menghasilkan produk terbaik untuk gamer,” tutur David Nalasco, Senior Technology Manager for Graphics, Radeon Technology Group.

Dikatakan canggih dan terbaik, karena AMD Radeon RX 480 memungkinkan gamer menikmati framerate tanpa tersendat, dan mampu menggunakan direct 13 serta vulkan. AMD dengan GPU Polaris ini memberikan pengalaman bermain yang lebih dan lebih, karena memberi tampilan high definition dan VR yang jauh lebih baik.

AMD Polarisjpg
Dari kiri ke kanan: Ryan Sim, Channel Sales Director ASEAN & India; Peter Amos, APU Product Marketing Manager, AMD Client Business; David Nalasco, Senior Technology Manager For Graphics in Radeon Technology Group; Stevenus Soeyanto, National Sales Manager, AMD Indonesia, sedang menunjukkan AMD Radeon RX 480 saat peluncurannya di Jakarta, 19 Juli 2016

Walaupun berkinerja tinggi dengan dibenamkannya GPU Polaris di dalamnya, namun konsumsi dayanya terbilang rendah dan harganya pun terjangkau. Kinerja komputasinya sendiri diklaim mencapai lebih dari 5 teraflops, dengan compute unit sebanyak 36 buah dan bandwidth memori 256 GBps. RAM yang digunakan berjenis GDDR5 dengan pilihan kapasitas 4 GB atau 8 GB.

Radeon RX 480 8 GB dijual dengan harga 239 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta. Sementara itu, produk dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah, yakni Radeon RX 480 4 GB, dijual dengan harga 199 dollar AS atau setara Rp 2,6 juta.

Sebagai informasi tambahan, Radeon RX 480 sendiri kali pertama dikenalkan di dunia dalam ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan, awal Juni lalu.

Facebooktwitterby feather
wawan
Pribadi sederhana yang ingin terus belajar di bidang komunikasi. Dimulai dari menulis, fotografi, media relations, kadang-kadang menggambar, sampai mengadakan acara komunikasi seperti berbagai lomba dan pelatihan jurnalistik/ fotografi.
http://www.fransalchemist.com

Leave a Reply