Contoh Buku Misa Perkawinan Katolik

Facebooktwittergoogle_plusinstagramby feather

COVER

PENGANTAR (berisi refleksi perjalanan calon mempelai sampai ke pelawinan)

 

RITUS SAKRAMEN PERKAWINAN

P E N Y A M B U T A N

 R I T U S   P E M B U K A

 Mempelai beserta orang tua, keluarga dan para saksi  yang ditunjuk berkumpul di depan pintu gereja

 MC

Selamat siang ibu, bapak, saudari-saudara yang selalu mengasihi Tuhan. Selamat datang di Kapel St Vincentius, Jakarta Pusat. Inilah saat penting dan berahmat bagi (Mempelai Pria) dan (Mempelai Perempuan), saat dua insan berbeda latar belakang ini memberanikan diri, berkat kuat kuasa Allah, untuk berkomitmen dalam ikatan suci pernikahan kudus. Kita semua yang hadir di sini pun menjadi bagian penting dalam hidup mereka, karena kita akan menjadi saksi saat Allah mempersatukan ikatan hidup mereka dalam bahtera hidup berkeluarga. Semoga, dengan rahmat-Nya dan doa kita bersama, mereka dapat menghayati panggilan hidup ini dengan penuh kebahagiaan bersama Yesus Kristus junjungan kita.

Perayaan ekaristi sakramen perkawinan ini dipimpin oleh (Pemimpin Misa). Dan sekarang, marilah kita berdiri dan menyambut kehadiran kedua mempelai.

PENYAMBUTAN KEDUA MEMPELAI                                                       Umat dimohon berdiri Mempelai beserta orang tua, keluarga dan para saksi yang ditunjuk berkumpul di depan pintu gereja.

 I           : Selamat datang, saudari-saudara yang dikasihi Tuhan. Kita berhimpun di sini untuk mengawali perayaan perkawinan (Mempelai Pria) dan (Mempelai Perempuan), Gereja menyambut Saudara-saudari dan ikut bergembira dalam perayaan kasih ini.

Wakil Keluarga      : (Pemimpin Misa) yang terhormat, seluruh keluarga (Kepala Keluarga Mempelai Pria) dan (Kepala Keluarga Mempelai Pria) hendak mengantar (Mempelai Pria) dan (Mempelai Perempuan) memasuki hidup perkawinan. Kami mohon agar perkawinan mereka dikukuhkan dan diberkati sesuai dengan ajaran dan tata cara perayaan Gereja Katolik.

I           : Semoga Tuhan berkenan akan kehendak dan harapan kita semua. Marilah kita bersama-sama menuju ke depan altar Tuhan.

PERARAKAN                                                                                                                        Umat berdiri

Secara berurutan misdinar, imam, kedua mempelai, orang tua, saksi dan kerabat berarak menuju depan altar. Kemudian masing-masing menuju tempat yang telah disediakan. Mempelai laki-laki duduk di sebelah kiri mempelai perempuan. Perarakan ini diiringi lagu pembuka.

 LAGU PEMBUKA :

TANDA SALIB                                                                                                                     Umat berdiri

Imam  : Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus

Umat   : Amin

SALAM                                                                                                                                   Umat berdiri

Imam  : Tuhan sertamu

Umat   : Dan sertamu juga

KATA PEMBUKA (imam)

SERUAN TOBAT (imam)

Sebelum melanjutkan Perjamuan Kasih ini, mari kita hening sejenak menyesali segala dosa yang membuat kita takut memandang Allah, karena jauh dari sikap mengasihi.Maka mari kita mohon ampun kepada Dia yang telah lebih dahulu mengasihi kita semua.

Saya mengaku…

Umat  :Kepada Allah Yang Maha Kuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa.

Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat, dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan Kita.

Amin

Imam :Semoga Allah Yang Maha Kuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan menghantar           kita ke hidup yang kekal.

Umat  :Amin
TUHAN KASIHANILAH KAMI  

KEMULIAAN

DOA  PEMBUKA

(Umat berlutut) 

Imam  : Marilah kita berdoa….

Allah Bapa  Yang Maha Setia, sejak awal mula Engkau telah mengangkat Sakramen Perkawinan sebagai lambang persatuan, kasih, dan kesetiaan Kristus dengan Gereja-Nya. Hamba-Mu, (Kedua Mempelai), memberanikan diri sejak saat ini untuk mengikat komitmen hidup bersama dalam bahtera perkawinan. Berkatilah mereka untuk selalu menjaga kesucian perkawinan, hidup rukun dan bahagia dengan selalu berpegang pada Sabda-Mu, sehingga Engkau hadir dalam diri mereka sebagai ungkapan rahmat. Dan Engkau perkenankan mereka untuk dapat ambil bagian dalam karya penciptaan sebagai penerus Gereja yang dapat dibanggakan. Demi Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa.

Umat   : Amin

L I T U R G I   S A B D A

(Umat duduk)

BACAAN  PERTAMA                                                                                                          Yeh 33:7-9

 Beginilah Firman Tuhan, “Wahai engkau engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar sesuatu firman dari pada-Ku,  peringatkanlah mereka demi nama-Ku. Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Hai orang jahat, engkau pasti mati! Dan engkau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu supaya bertobat dari hidupnya, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu supaya ia bertobat dari hidupnya, tetapi ia tidak mau bertobat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

Demikianlah sabda Tuhan.

Umat :  Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN

Singkirkanlah penghalang Sabda-Mu,
cairkanlah hatiku yang beku,
dan bimbinglah kami di jalan-Mu.

  1. Marilah kita bernyanyi-nyanyi bagi Tuhan
    bersorak-sorai bagi gunung batu keselamatan kita.
    Biarlah kita memandang wajah-Nya dengan lagu syukur,
    bersorak-sorai bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.
  2. Masuklah, mari kita sujud menyembah,
    berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita.
    Sebab Dialah Allah kita;
    kita ini umat gembalaan-Nya serta kawanan domba-Nya.
  3. Pada hari ini, kalau kamu mendengar suara-Nya,
    janganlah bertegar hati seperti di Meriba, seperti waktu berada di Masa di padang gurun,
    ketika nenek moyangmu mencobai dan menguji Aku,
    padahal mereka melihat perbuatan-Ku.

BACAAN  KEDUA                                                                                                              1Yoh 4:7-12

 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah tetapi jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

 BAIT  PENGANTAR INJIL       

 (Umat berdiri)

BAIT PENGANTAR INJIL

BACAAN  INJIL                                                                                                                 Mat 18:15-20

 Imam : Tuhan sertamu

Umat  :  Dan sertamu juga

Imam : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Matius

Umat  : Dimuliakanlah Tuhan                                                                                                    

 Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan  oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.

 Imam :Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.

Umat  : Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami

 

HOMILI

(Umat duduk)

 P E R A Y A A N    P E R K A W I N A N

Kedua mempelai berdiri dan didampingi oleh dua saksi perkawinan yang berdiri di sebelah kanan dan kiri kedua mempelai.

PENGANTAR                                                                                                                        Umat berdiri

I      Mempelai yang berbahagia, kalian datang di tempat ini untuk menerima berkat Tuhan, karena kalian berniat untuk saling mengikat diri dalam hidup perkawinan. Para pelayan Gereja dan saudara-saudari seiman hadir juga di sini untuk menyaksikan peristiwa penuh rahmat ini. Kristus memberikan berkat melimpah bagi cinta kalian sebagai suami-istri. Ia telah menguduskan kalian dalam pembaptisan dan kini Ia memperkaya serta memperkuat kalian dengan Sakramen Perkawinan ini. Semoga kalian saling mempercayai dan melaksanakan kewajiban-kewajiban hidup perkawinan. Kini saya minta kalian menyatakan niat itu di hadapan Gereja.

 

PERNYATAAN MEMPELAI                                                                                        Umat berdiri

I      (MEMPELAI PRIA) dan (MEMPELAI PEREMPUAN), sungguhkah kalian dengan hati bebas dan tulus ikhlas hendak meresmikan perkawinan ini?

M    Ya, sungguh.

I      Selama menjalani perkawinan nanti, bersediakah kalian untuk saling mengasihi dan saling menghormati sepanjang hidup?

M    Ya, saya bersedia.

I      Bersediakah kalian dengan penuh kasih sayang menerima anak-anak yang dianugerahkan Allah kepada kalian, dan mendidik mereka sesuai dengan hukum Kristus dan GerejaNya?

M    Ya, saya bersedia.

 

KESEPAKATAN PERKAWINAN                                                                                Umat berdiri

I      Untuk mengikrarkan perkawinan kudus ini, silakan kalian saling berjabatan tangan kanan dan menyatakan kesepakatan kalian di hadapan Allah dan GerejaNya.

Kedua mempelai saling berhadapan, berjabat tangan kanan, dan bergantian mengucapkan janji masing-masing, dimulai oleh mempelai laki-laki. Imam meletakkan stola di atas tangan mereka.

Di hadapan Tuhan, Imam, para orang tua, para saksi, saya

(MEMPELAI PRIA),

dengan niat yang suci dan ikhlas hati memilihmu

(MEMPELAI PEREMPUAN)

menjadi isteri saya.

Saya berjanji untuk setia kepadamu dalam untung dan malang,

suka dan duka, sehat dan sakit,

dengan segala kekurangan dan kelebihanmu.

Saya akan selalu mencintai dan menghormatimu sepanjang hidup saya.

 

Di hadapan Tuhan, Imam, para orang tua, para saksi,  saya

(MEMPELAI PEREMPUAN),

niat yang suci dan ikhlas hati memilihmu

(MEMPELAI PRIA)

menjadi suami saya.

Saya berjanji untuk setia kepadamu dalam untung dan malang,

 suka dan duka, sehat dan sakit,

dengan segala kekurangan dan kelebihanmu.

Saya akan selalu mencintai dan menghormatimu sepanjang hidup saya.

* Ikatan janji suci ini sebaiknya dihafal oleh masing-masing mempelai, karena menunjukkan kesungguhan dari hati dan dari sisi fotografi posisi ini sangat indah untuk diabadikan

PENERIMAAN KESEPAKATAN PERKAWINAN

I      Atas nama Gereja Allah, di hadapan para saksi dan umat Allah yang hadir di sini, saya menegaskan bahwa perkawinan yang telah diresmikan ini adalah perkawinan Katolik yang sah. Semoga bagi kalian berdua Sakramen ini menjadi sumber kekuatan dan kebahagiaan. Yang dipersatukan Allah, janganlah diceraikan manusia.

U     Amin.

I      Marilah memuji Tuhan.

U     Syukur kepada Allah.

R I T U S   P E L E N G K A P

 

PEMBERKATAN DAN PENGENAAN CINCIN                                                           Umat duduk

I      Semoga Tuhan memberkati † kedua cincin ini, yang akan kalian kenakan satu sama lain sebagai tanda cinta dan kesetiaan.

Imam memerciki kedua cincin dengan air suci. Kemudian mempersilakan mempelai untuk secara bergantian mengambil cincin pasangannya dan mengenakan cincin itu kepada pasangannya.

C     (MEMPELAI PEREMPUAN), terimalah cincin ini, tanda cintaku dan kesetiaanku. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

P     (MEMPELAI PRIA), terimalah cincin ini, tanda cintaku dan kesetiaanku. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

 

PEMBUKAAN KERUDUNG                                                                                        Umat duduk

Mempelai laki-laki membuka kerudung mempelai perempuan, dan bersamaan dengan itu Imam berkata:

I      Semoga kalian berdua selalu saling memandang dengan wajah penuh cinta. Semoga ikatan cinta kasih kalian berdua yang diresmikan dalam perayaan ini menjadi sumber kebahagiaan sejati.

 

MOHON RESTU                                                                                                                   Umat duduk

I      (MEMPELAI PEREMPUAN) dan (MEMPELAI PRIA), sekarang saya persilakan kalian berdua memohon restu kedua orang tuamu bagi perjalanan hidup yang sudah kalian awali ini.

Kedua mempelai menghadap orang tua mereka. Setelah itu kedua mempelai kembali ke tempat duduk dan bertukar tempat.

Diiringi lagu :

misalnya DOA SEORANG ANAK

 

PENYERAHAN KITAB SUCI, SALIB DAN ROSARIO                                          Umat duduk

Imam memberkati Kitab Suci, salib, dan rosario.

I      Ya Allah, berkatilah kitab suci ini (†), agar dapat dipergunakan oleh keluarga baru ini sebagai sumber pengharapan dan penghiburan serta kekuatan yang mampu membangkitkan semangat cinta kasih sejati. Berkatilah salib ini (†), agar menjadi tanda kehadiranMu di tengah keluarga ini dan memberikan dorongan untuk selalu siap berkorban demi kebahagiaan pasangannya. Berkatilah pula Rosario ini (†), agar menjadi tanda perlindungan Bunda Maria bagi keluarga baru ini.

U     Amin

Kemudian orang tua kedua mempelai menyerahkannya kepada kedua mempelai.

OT  Anak-anak yang terkasih, terimalah Kitab Suci, salib dan rosario ini sebagai bekal perjalanan hidup perkawinan, baik dalam suka maupun duka. Pergunakanlah semua ini dengan semestinya. Tuhan akan selalu mendampingi langkah kalian. Doa kami pun selalu menyertai kalian.

M    Terima kasih.

 

SYAHADAT                                                                                                                 Umat berdiri

DOA UMAT

Imam : Allah Bapa di Surga, Engkau telah menganugerahkan kami Tuhan Yesus, bersama Maria dan Yosef sebagai sebuah keluarga yang menjadi teladan bagi semua keluarga kristiani. Kami yakin bahwa keluarga merupakan komunitas kudus di mana Engkau sendiri hadir dan menyatakan diri dalam relasi penuh kasih di antara anggota keluarga. Pada kesempatan ini, di mana ada keluarga baru terbentuk dan banyak keluarga kristiani yang hadir, kami memberanikan diri berdoa:

Bagi Para Pemimpin Gereja

Ya Bapa, berikanlah kesehatan dan perlindungan bagi para pemimpin gereja yang telah Engkau pilih yaitu Bapa Suci Paus Fransiskus, para Uskup, para Imam, biarawan-biarawati.

Umat  :Semoga mereka tetap setia dan diberikan anugerah kebijaksanaan dalam   memecahkan berbagai tantangan dalam menghidupi panggilan pelayanan-Mu.   Kami Mohon…

 

Bagi Para Bangsa

Ya Bapa, curahkanlah berkat-Mu kepada para bangsa, sehingga semakin giat dalam mengusahakan kedamaian, kerukunan, keadilan, kesejahteraan dan hidup berdampingan satu bangsa dengan bangsa lainnya.

Umat  : Dengan demikian kita hidup sebagai orang merdeka, bukan menyalahgunakan kemerdekaan. Sebagai anak Allah yang bebas mengabdi pada-Mu dan sesama.

            Kami Mohon…

Bagi orang yang telah meninggal

Ya Bapa sumber kehidupan, kami berdoa bagi orangtua dan keluarga yang telah meninggal.

Umat  :Berkat kasih-Mu yang tidak terbatas, perkenankanlah mereka turut berbahagia menyaksikan hari pernikahan putera-puterinya, serta memberikan doanya kepada kami.

Kami mohon…

Bagi (KEDUA MEMPELAI)

Allah Bapa yang Mahakasih, Engkau menghendaki agar pria dan wanita   membangun keluarga yang bahagia, sejahtera, saling berkembang dan berguna bagi masyarakat dan Gereja.

Umat  :Dampinglah mereka dalam naungan Roh-Mu untuk senantiasa gigih dalam   memegang janji perkawinan mereka, meneladan Keluarga Kudus di Nasaret, dan   menjalankan Sabda-Mu dalam perilaku hidup di tengah dunia. Kami mohon…

Bagi Orangtua Mempelai

Bapa, bahagianya Engkau melihat Anakmu yang tumbuh penuh bakti, berkarya  melayani sesama dalam naungan Nama-Mu. Semoga kebahagian pasangan baru ini menjadi cerminan kebahagian orangtua mereka, sebagai tanda restu memulai   hidup baru dalam kasih Tuhan dan kasih orangtua.

Umat  :Damping dan jagalah orangtua mempelai dalam melanjutkan hidup sehari-hari.       Anugerahkanlah kesehatan, kebijaksanaan, dan semangat berbagi kasih pada     keluarga, sesama, dan Gereja. Sehingga nama-Mu semakin banyak dikenal dan     kasih-Mu semakin dirasakan oleh banyak orang. Baik melalui orangtua             mempelai, maupun semua keluarga kristiani. Kami mohon…

 Imam  : Allah Bapa sumber rahmat dan kebijaksanaan, dengarkanlah doa-doa kami ini karena kami rindu untuk menjadi seperti Keluarga Kudus di Nazaret yang sederhana, penuh cinta dan kedamaian, serta berserah pada-Mu. Semua doa, puji dan syukur ini kami persembahkan melalui Puteramu yang meraja selama-lama-Nya.

Umat  : Amin

L I T U R G I    E K A R I S T I

PERARAKAN PERSEMBAHAN                                                                            Umat duduk

Kedua mempelai mengantar sendiri roti dan anggur dan para kerabat mereka menyertai dengan membawa bahan-bahan persembahan lainnya.

Lagu Persiapan Persembahan

Imam :Berdoalah saudari-saudara, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang Maha Kuasa

Umat  :Semoga persembahan ini diterima demi kemulian Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN                                                                    Umat berdiri

I      Ya Allah, terimalah doa-doa yang kami panjatkan ke hadirat-Mu bersama persembahan kurban ini. Sudilah Engkau menyucikan kami dengan rahmat-Mu agar kami layak menerima sakramen kasih-Mu yang agung. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U     Amin.

 

DOA SYUKUR AGUNG  

BAPA KAMI  

Emebolisme-Doksologi ditiadakan. Imam berdiri di hadapan kedua mempelai yang berlutut di tempat mereka.

BERKAT UNTUK MEMPELAI                                                Umat berdiri, mempelai berlutut

Sambil mengatupkan tangan Imam memberi pengantar.

I      Saudara-saudari terkasih, marilah kita berdoa memohon berkat Allah untuk kedua mempelai. Semoga dengan murah hati Allah membantu mereka yang telah diperkaya oleh-Nya dengan Sakramen Perkawinan ini.

Hening. Lalu Imam mengulurkan tangan ke atas kedua mempelai dan berdoa:

I      Ya Allah, dengan kuat kuasa-Mu, Engkau telah menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan. Setelah mengatur awal mula alam semesta dan menciptakan manusia menurut citra-Mu, Engkau pun menetapkan bagi laki-laki seorang perempuan sebagai penolong yang tidak terpisahkan. Mereka bukan lagi dua melainkan satu daging, dan Engkau mengajarkan bahwa yang sudah dipersatukan tidak pernah boleh diceraikan.

Ya Allah, Engkau telah menguduskan ikatan perkawinan dengan misteri yang begitu luhur, sehingga dalam perjanjian perkawinan Engkau memperlambangkan sakramen hubungan Kristus dengan Gereja.

Ya Allah, di dalam Engkau perempuan bersatu dengan laki-laki, dan komunitas insani yang pertama, yaitu keluarga, dianugrahi dengan berkat yang tidak bisa ditiadakan oleh apa pun: tidak oleh kutukan dosa asal, tidak pula oleh hukuman air bah.

Pandanglah dengan rela hamba-hamba-Mu ini, yang telah menjalin persekutuan perkawinan, mereka tetap mengharapakan berkat dan perlindungan-Mu. Curahkanlah anugerah Roh Kudus ke ata mereka agar mereka tetap setia dalam ikatan perkawinan karena kasih-Mu yang dituangkan ke dalam hati mereka.

Penuhilah hati hamba-Mu (MEMPELAI PEREMPUAN), mempelai perempuan ini, dengan rahmat cinta dan damai. Semoga ia mengikuti teladan hidup perempuan-perempuan kudus yang dipuji dalam Kitab Suci.

Semoga hati (MEMPELAI PRIA), suaminya tertambat padanya dan dia diterima sebagai teman hidup yang setara. Semoga ia mendampinginya dengan rasa hormat yang pantas dan senantiasa mencintainya, dengan kasih Kristus sendiri, yang mencintai gereja-Nya.

Maka kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, semoga hamba-hamba-Mu ini tetap tinggal dalam ikatan iman dan pelaksanaan hukum-Mu.

Semoga mereka yang sudah dipersatukan sebagai suami-istri menjadi orang-orang terpandang karena peri hidup mereka. Semoga mereka yang telah diteguhkan oleh Injil menjadi saksi Kristus yang baik di hadapan semua orang. Semoga mereka mendapat keturunan, menjadi orang tua yang patut dicontoh karena kebajikan dan boleh melihat cucu-cicit mereka.

Akhirnya, semoga mereka mencapai usia lanjut, dan masuk ke dalam kehidupan para kudus di dalam kerajaan surga. Dengan pengataraan Kristus, Tuhan kami.

U     Amin.

Doa damai ditiadakan dan Imam langsung meyampaikan “Salam Damai.”

SALAM DAMAI                                                                                   

I      Damai Tuhan bersamamu.

U     Dan bersama rohmu.

ANAK DOMBA ALLAH  

KOMUNI

Imam menyambut Tubuh dan darak Kristus. Setelah kedua mempelai, orang tua, saudara sekandung mereka, dan para saksi menerima komuni dalam dua rupa. Setelah itu baru seluruh umat menyambut Tubuh Kristus.

 LAGU KOMUNI:

(Umat duduk)                          

DOA SESUDAH KOMUNI                                                                                     Umat berdiri

I      Marilah kita berdoa.

Allah Yang Mahakuasa dan kekal, dengan kebangkitan Kristus Engkau memulihkan kami untuk hidup abadi. Lipatgandakanlah buah-buah sakramen Paska dalam diri kami dan kuatkanlah hati kami dengan santapan keselamatan ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuas sepanjang segala masa.

U      Amin.

 

R I T U S    P E N U T U P

BERKAT MERIAH                                                                                                       Umat berdiri

I      Saudara-saudari, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat Tuhan.

I      Semoga Allah Bapa yang kekal memelihara kalian dalam cinta kasih dan kerukunan, supaya damai Kristus senantiasa tinggal dalam diri dan dalam rumah kalian.

U     Amin

I      Semoga kalian diberkati dengan keturunan, memperoleh penghiburan dari para sahabat dan kenalan, dan hidup dalam damai sejati dengan semua orang.

U     Amin

I      Semoga kalian menjadi saksi kasih Allah dalam dunia, dan berhati dermawan bagi mereka yang menderita dan berkekurangan, agar kelak mereka menyambut kalian dengan penuh terima kasih ke dalam kediaman Allah yang kekal.

U     Amin

I      Dan semoga Saudara sekalian yang hadir di sini diberkati oleh Allah yang maha kuasa: (†) Bapa  dan Putra dan Roh Kudus.

U     Amin.

 

PENGUTUSAN                                                                                                           Umat berdiri

I      Saudara-saudari terkasih, dengan ini perayaan Ekaristi dan Perkawinan (KEDUA MEMPELAI) sudah selesai.

U     Syukur kepada Allah

I      Marilah pergi dan memberi kesaksian tentang kebaikan Tuhan.

U     Amin

 

BERDOA KEPADA BUNDA MARIA                                                                           Umat duduk

Mempelai menuju ke depan patung Bunda Maria, didampingi imam, orang tua dan para saksi. Kedua mempelai berdoa bersama sementara dinyanyikan lagu Ave Maria :

 

(MEMPELAI PRIA): Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda kami yang tercinta, hari ini hari yang sangat membahagiakan kami berdua. Kami telah berjanji untuk saling setia dan kami mau menempuh perjalanan hidup selanjutnya bersama-sama sebagai suami istri. Pada saat yang sungguh berarti ini kami memohon juga doa restumu, ya Bunda kami.

(MEMPELAI PEREMPUAN): Santa Maria, doakanlah kami, agar cinta kami tahan uji dalam segala suka dan duka hidup perkawinan. Semoga kami dapat membentuk rumah tangga yang sejahtera dan membangun keluarga yang bahagia. Ya Bunda yang baik hati, doakanlah kami pada PutraMu, Tuhan kami, Yesus Kristus.

Doa “Salam Maria” 3x

 

PENANDATANGANAN BERKAS PERKAWINAN

Kedua mempelai, para saksi dan imam menandatangani berkas-berkas perkawinan pada meja yang khusus disediakan di hadapan umat, namun bukan pada meja altar.

Selama penandatanganan diiringi lagu, misalnya AKU INGIN

LAGU PENUTUP :

 

UCAPAN SYUKUR DAN TERIMA KASIH (sebaiknya disampaikan langsung oleh mempelai)  

FOTO  BERSAMA (walaupun sepele sebaiknya ini diatur mengingat waktu)

 

* Ini adalah naskah buku misa perkawinan yang kami buat sendiri dengan imprimatur dari RP (Reverendus Pater) J.A. Hendra Sutedja, SJ

 

Facebooktwittergoogle_plusby feather
wawan
Pribadi sederhana yang ingin terus belajar di bidang komunikasi. Dimulai dari menulis, fotografi, media relations, kadang-kadang menggambar, sampai mengadakan acara komunikasi seperti berbagai lomba dan pelatihan jurnalistik/ fotografi.

Leave a Reply